Menulis Adalah Anugerah Yang Berharga


Menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menyehatkan jiwa serta pikiran. Sebab dengan menulis kita dapat menuangkan segala unek-unek yang ada di hati lalu menuangkannya dalam bentuk kata-kata, seperti halnya curahan hati namun curahan hati ini berbentuk tulisan. Dengan hal ini diri secara tidak langsung terbebas dari belenggu gundah di benak.

Berbagai tema dapat diangkat sebagai bahan yang akan di sampaikan. Ibarat bercerita dengan seseorang namun kali ini kita bercerita dengan lawan bicara kita yaitu si pembaca tulisan kita. Kita harus mampu berkomunikasi dengan si pembaca secara apik. 

Setiap penulis pemula pasti akan kesulitan untuk memulainya. Bingung bagaimana cara menulis dan harus memulainya dari mana. Padahal menulis itu sebenarnya mudah seperti kita bercerita, apa saja bisa kita bicarakan. Mulai dari kehidupan sehari-hari atau mungkin memberi motivasi dari pengalaman sendiri atau juga pengalaman orang-orang disekitar kita. Sehingga tulisan menjadi bermanfaat dan memberi wawasan serta mampu memberikan motivasi bagi pembaca.

Awal mula saya memasuki dunia menulis saya juga merasakan hal yang sama bagi penulis pemula lainnya, bingung dan tidak tahu harus menulis apa. Saya coba membaca tulisan-tulisan artikel di blog-blog, saya jadi sering meminjam buku-buku di perpustakaan sebagai bahan bacaan saya, lama kelamaan saya jadi kecenderungan membaca, apa saja saya baca, saya mulai penasaran dengan apa yang saya baca. Saya mulai mencintai kegiatan membaca tersebut seolah jika tidak membaca saya seperti kehilangan sesuatu. Dan saya sangat membutuhkan kegiatan itu. Kalau sehari saja saya tidak membaca kepala menjadi pusing dan hidup seolah tak berarti. 

Ternyata dari membaca akhirnya saya mulai mampu menulis, saya mulai menulis hal yang ringan dengan menulis pengalaman-pengalaman yang saya alami. Saya mulai mencari-cari hal-hal yang menarik untuk dijadikan bahan menulis saya. Dan semua itu saya lakukan dengan senang hati. Dan secara tidak langsung akhirnya saya mulai bisa menulis tentang hal apa saja. 

Pengalaman ini begitu berarti dan saya sangat bersyukur dengan kegiatan ini. Bagi saya ini adalah kegiatan yang sangat positif sebab apa yang telah saya tulis kemudian saya kumpulkan dan saya jadikan sebagai buku. 

Beberapa buku telah saya lahirkan, baik yang solo maupun antologi. Sejak saat itu saya sangat menghargai apapun yang berkaitan dengan tulisan, baik artikel maupun buku-buku, sebab itu adalah bagian dari hasil pemikiran seseorang yang kemudian dibagikan dengan sangat suka rela sehingga dapat bermanfaat bagi semua.


Comments

Popular posts from this blog

Perkembangbiakan Vegetatif dan Generatif Pada Tumbuhan

Kepergian Sang Panglima

SYAIR PENA PENGUBAH WARNA KESEDIHAN