3 Aspek Asesmen Nasional

3 Aspek Asesmen Nasional

Asesmen Nasional

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan Asesmen Nasional sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi  pendidikan dan menjadi baghian dari kebijakan merdeka belajar. Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Jokowidodo.

Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu, Kemendikbud mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukkan terhadap rencana pencapaian Asesmen Nasional pada tahun 2021.

Kemendikbid Nadiem Anwar Makarim menyatakan, perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individual, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.


3 Aspek Asesmen Nasional

Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah, madrasah, serta program kesetaraan jenjang Sekolah Dasar dan Menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga unsur.

1. Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dirancang untuk mengukur kemampuan capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu litersai dan numerasi. Kedua aspek Kompetensi Minimum ini menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.

"Fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti penting mata pelajaran karena justru membantu peserta didik mempelajari bidang ilmu, terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk angka atau secara kuantitatif," jelas Kemendikbud.

Kemampuan litersai dan numerasi, lanjut Mendikbud adalah kemampuan yang akan berdampak pada semua mata pelajaran yang diajarkan oleh guru dan dipelajari oleh peserta didik.

2. Survei Karakter

Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter yang dirancang untuk mengukur pencapaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak profil pelajar pancasila.

"Dengan enam indikator utama yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berbhinekaan global, mandiri, bergotongroyong, bernalar kritis dan kreatif.

3. Survei Lingkungan

Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi serta memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

"Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekwensinya buat sekolah, hanya memetakan agar tahu kondisi sekolah sebenarnya, " kata Kemendikbud.

Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan dengan cara menyediakan laporan hasil Asesmen yang menjelaskan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah.


Donwload Implikasinya dalam Pembelajaran (Pdf)
 

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangbiakan Vegetatif dan Generatif Pada Tumbuhan

Kepergian Sang Panglima

SYAIR PENA PENGUBAH WARNA KESEDIHAN